Tips Sebelum Membuka Usaha Laundry

Rose
Tips Sebelum Membuka Usaha Laundry

Laundry awalnya familiar ditawarkan sebagai bagian dari jasa layanan penginapan, baik itu hotel maupun guest house.  Laundry berarti bertanggung jawab pada berbagai tugas yang berhubungan dengan mencuci pakaian baik pengunjung dalam penginapan tersebut maupun karyawan serta berbagai perabotan linen yang ada di penginapan tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, laundry saat ini telah berkembang sebagai usaha perseorangan di beberapa daerah apalagi kota-kota besar.

Hal-Hal yang Perlu diperhatikan dalam Membuka Usaha Laundry

1.     Survey lokasi

Menentukan lokasi yang tepat sangat penting dalam memulai usaha laundry. Anda perlu memperhatikan target pasarnya. Usaha laundry akan sulit berkembang jika dibuka di perkampungan yang mayoritas kaum ibu-ibu nya merupakan para ibu rumah tangga. Namun jika dibuka di kawasan perkotaan besar yang mana sebagian besar wanitanya adalah pekerja, tentu akan jadi lain cerita. Usaha laundry yang dibuka akan besar kemungkinannya untuk cepat melejit. Selain itu, kawasan mahasiswa maupun pesantren yang mayoritas tidak memiliki akses mesin cuci, juga bisa dijadikan target pasar yang empuk.

2.     Survey harga sesuai lokasi

Laundry bukanlah pekerjaan yang ringan. Meski demikian, anda tidak dapat mematok harga yang terlalu tinggi, agar tetap sesuai di kantong pelanggan anda. Selain itu, jika anda mematok harga terlalu tinggi, sangat mungkin calon pelanggan anda akan lebih memilih jasa laundry lain yang lebih murah.

3.     Menentukan strategi marketing yang tepat

Terjadi persaingan ketat antara para usaha laundry. Tanpa strategi marketing yang jelas, tepat, dan memikat, bisa saja usaha laundry anda tenggelam dan tidak akan dilirik oleh konsumen. Dalam hal promosi ini, anda dapat memanfaatkan media online yang relatif lebih murah dibanding promosi secara offline.

4.     Merekrut karyawan yang kompeten dan berintegritas

Pada jenis bisnis apapun, memiliki karyawan yang berintegritas adalah keharusan. Apalagi di bidang laundry, diperlukan karyawan yang cekatan agar dapat memenuhi permintaan pasar. Memastikan setiap karyawan mengetahui cara kerja mesin cuci dan setrika yang digunakan juga penting agar pekerjaan yang dilakukan sesuai.

5.     Memperhatikan ketepatan waktu

Seringkali usaha laundry juga harus berkejaran dengan waktu. Tidak sedikit yang melaundry seragam-seragam yang sudah ditentukan waktu pemakaiannya. Pelanggan akan sangat kecewa jika pakaiannya tidak selesai tepat waktu.

6.     Berhati-hati dalam menangani pakaian pelanggan

Pakaian yang ditangani dalam laundry, bisa saja berupa pakaian-pakaian mahal yang kita sendiri bahkan tidak kuat membelinya. Kerusakan terhadap satu potong baju saja, bisa-bisa menjadi kerugian besar bagi bisnis yang anda miliki.

Laundry mungkin bisnis yang kecil pada awalnya. Namun semua bisnis akan berubah menjadi bisnis besar jika diseriusi dengan tindakan yang tepat pula. Sejak awal memulai bisnis, pastikan melakukan pencatatan keuangan dengan baik. Sekarang  telah terdapat aplikasi pencatat laporan keuangan bisnis anda yang dapat menjadi pengatur keuangan bisnis anda. Aplikasi tersebut adalah BukuKas. Aplikasi ini dapat membantu pencatatan pemasukan dan pengeluaran usaha anda bahkan sampai pada pencatatan hutangnya. Aplikasi ini dapat anda unduh secara gratis di playstore.

Next Post

Content Ideas for your Online Business

Content is the lifeblood of any online business; it is the lubricant that keeps the machine of your business working perfectly. Creating content is not an easy task, but if you want to scale your business faster, you need to get into the art. Through your content, you educate your […]
Content Ideas for your Online Business